1. المفردات
    Hapalkan mufradat berikut ini!

    رقم
    المفردات
    معناها
    1
    رحلة
    Perjalanan, berpergian
    2
    وسائل النّقل
    Transportasi
    3
    وسيلة جويّة
    Transportasi udara
    4
    وسيلة بحريّة
    Transportasi laut
    5
    وسيلة بريّة
    Transportasi darat
    6
    طائرة ج طائرات
    Pesawat terbang
    7
    سفينة ج سفن
    Kapal laut
    8
    سيّارة ج سيّارات
    Mobil
    9
    اوتوبيس، حافلة
    Bis
    10
    قطار ج قطارات
    Kereta api
    11
    مطار ج مطارات
    Bandara
    12
    ميناء ج موانئ
    Pelabuhan
    13
    محطّة اوتوبيس
    Terminal
    14
    محطّة القطار
    Stasiun
    15
    منظر ج مناظر
    Pemandangan
    16
    موج ج امواج
    Ombak
    17
    طار – يطير
    Terbang
    18
    هبط – يهبط
    Mendarat
    19
    استغرق – يستغرق
    Menghabiskan
    20
    رحل – يرحل
    Berangkat, pergi








    التّدريب 1     : ضع في مكان الفراغ معنى المفردات التّالية !
    Latihan 1         : Tuliskan arti kata berikut pada kolom yang tersedia!
    رقم
    المفردات
    معناها
    Kunci Huruf
    1
    رحلة
    .....................
    P, B
    2
    وسائل النّقل
    .....................
    T
    3
    وسيلة جويّة
    .....................
    TU
    4
    وسيلة بحريّة
    .....................
    TL
    5
    وسيلة بريّة
    .....................
    TD
    6
    طائرة ج طائرات
    .....................
    P
    7
    سفينة ج سفن
    .....................
    KL
    8
    سيّارة ج سيّارات
    .....................
    M
    9
    اوتوبيس، حافلة
    .....................
    B
    10
    قطار ج قطارات
    .....................
    KA
    11
    مطار ج مطارات
    .....................
    B
    12
    ميناء ج موانئ
    .....................
    P
    13
    محطّة اوتوبيس
    .....................
    T
    14
    محطّة القطار
    .....................
    S
    15
    منظر ج مناظر
    .....................
    P
    16
    موج ج امواج
    .....................
    O
    17
    طار – يطير
    .....................
    T
    18
    هبط – يهبط
    .....................
    M
    19
    استغرق – يستغرق
    .....................
    M
    20
    رحل – يرحل
    .....................
    B, P








    الاستماع        سيقرأ استاذك القصة الآتية. اسمع قرائته جيدا !
    Gurumu akan membacakan cerita berikut ini. Dengarkan baik-baik!

    جاء وقت العطلة. اعدّ مروان رحلة مع ابيه وامّه واخيه الصّغير.
    كان العطلة اسبوع تآمّ، وسيرحل مروان ليزور عمّه في قرية
    قريبة من البحر. يحبّ مروان ان يّلعب في شاطئها.
    Telah datang waktu libur. Marwan melakukan perjalanan bersama ayahnya dan ibunya dan adiknya.
    Hari libur seminggu penuh, dan Marwan akan bepergian untuk mengunjungi pamannya di desa
    yang dekat dengan laut. Marwan suka bermain di pantainya.
    ذَهَبَتْ العائلة بالسّيّارة فى الصّباح الباكر. سَارَتْ السّيّارة بشارع واسع وسط المدينة.
    جانب الشّارع مباني كبيرة وعمارات عالية. عجب مروان بهذا المنظر.
    Keluarga telah pergi dengan mobil pada pagi sekali. Mobil telah berjalan di jalan raya yang luas dan telah memasuki kota.
    Di samping jalan raya ada pohon-pohon yang besar dan gedung-gedung yang tinggi. Marwan takjub dengan pemandangan ini.
    مباني وعمارات sama-sama berarti gedung
    خرجت السّيّارة من المدينة وسارت بشارع طويل. جانب الشّارع مزارع
    وحدائق واسعة. المناظر جميلة. بعد السّاعة، وصل مروان بيت عمّه.
    رحّبه عمّه ترحيبا جميلا وادخله الى البيت.
    Mobil telah keluar dari kota dan berjalan di jalan raya yang panjang. Di samping jalan raya sawah-sawah dan kebun-kebun yang luas. Pemandangan itu indah. Setelah sejam, marwan sampai ke rumah pamannya.
    Pamannya menyambutnya dengan sambutan yang baik dan memasukkannya ke rumah.
    استراح مروان قليلا. فى المساء خرج مروان من البيت، وسمع صوت امواج البحر.
    اخذ مروان ملابس السّباحة، وذهب الى شاطئ البحر. لعب مروان الكرة مع اخيه،
    ثمّ سبح فى الماء. انتظر مروان غروب الشّمس ثمّ رجع الى البيت.
    المنظر جميلة جدّا. سيعود مروان هناك فى الوقت المقبل.
    Marwan istirahat sedikit. Pada sore hari Marwan keluar dari rumah, dan dia mendengar suara ombak laut. Marwan mengambil pakaian renang, dan dia pergi ke pantai. Marwan bermain bola bersama adiknya, kemudian berenang di air. Marwan menunggu matahari terbenam kemudian dia kembali ke rumah.
    Pemandangan itu sangat indah. Marwan akan kembali disana pada waktu mendatang.

    التّدريب 2     : اجب عن الاسئلة التّالية !
    Latihan 2         : Jawablah pertanyaan berikut ini!
    1.     مَاذَا اَعَدَّ مَرْوَانُ فِى اْلعُطْلَةِ ؟ ..........................
    2.     اَيْنَ ذَهَبَ مَرْوَانُ فِى اْلعُطْلَةِ ؟ ذَهَبَ مَرْوَانُ فِى اْلعُطْلَةِ اِلَى ..........................
    3.     بِمَاذَا رَحَلَتْ عَائِلَةُ مَرْوَانَ ؟ رَحَلَتْ عَائِلَةُ مَرْوَانَ بِـ ..........................
    4.     مَاذَا رَاَى مَرْوَانُ جَانِبَ الشَّارِعِ ؟ ..........................
    5.     مَاذَا فَعَلَ مَرْوَانُ فِي شَاطِئِ اْلبَحْرِ ؟ ..........................
    التّدريب 3     : اكتب فى الفراغ فعلا ماضي مناسبا !
    Latihan 3         : Isilah titik-titik berikut dengan Fiil Madi yang sesuai!

    رقم
    هُوَ
    هِيَ
    اَنْتَ
    اَنْتِ
    اَنَا
    1
    عَمِلَ
    عَمِلَتْ
    عَمِلْتَ
    عَمِلْتِ
    عَمِلْتُ
    2
    خَرَجَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    3
    ذَكَرَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    4
    قَرَأ
    .....
    .....
    .....
    .....
    5
    سَأَ لَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    6
    اَكَلَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    7
    اِنْتَظَرَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    8
    تَحَدَّ ثَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    9
    رَحَلَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    10
    سَبَحَ
    .....
    .....
    .....
    .....

    التّدريب 4     : اكتب فى الفراغ الفعل المضارع ، والفعل الامر مناسبا !
    Latihan 4         : Isilah titik-titik berikut dengan Fiil Mudhori, dan Fiil Amar yang sesuai!

    رقم
    الفعل الماضي
    الفعل المضارع
    الفعل الامر
    1
    كَتَبَ
    يَكْتُبُ
    اُكْتُبْ
    2
    طَلَبَ
    .....
    .....
    3
    دَخَلَ
    .....
    .....
    4
    خَرَجَ
    .....
    .....
    5
    حَصَلَ
    .....
    .....
    6
    خَضَرَ
    .....
    .....
    7
    سَكَتَ
    .....
    .....
    8
    حَمَلَ
    .....
    .....
    9
    وَصَلَ
    .....
    .....
    10
    دَرَسَ
    .....
    .....
                                               







    المحادثة

    تحدّث الاستاذ واسماعيل عن العمل العطلة. إقرأ هذه المحادثة واطبقها مع صديقك !
    Pak guru bercakap-cakap tentang kegiatan pada hari libur. Bacalah percakapan tersebut dan praktikkan dengan temanmu!

    الاستاذ          : اين ذهبت في العطلة الماضية يا اسماعيل ؟
    Guru         : Dimana engkau pergi pada libur yang lalu hai Ismail?

    اسماعيل        : زرت جدّي يا استاذ.
    Ismail       : Saya mengunjungi kakek saya wahai guru.

    الاستاذ          : اين يسكن جدّك ؟
    Guru         : Dimana kakek engkau tinggal?

    اسماعيل        : هو يسكن في قرية جبليّة ( pegunungan ).
    Ismail       : Dia tinggal di desa pegunungan

    الاستاذ          : هل القرية بعيد من المدينة ؟
    Guru         : Apakah desa itu jauh dari kota?

    اسماعيل        : نعم، القرية بعيد من المدينة. ركبت السّيارة حولي ساعتين لاصل هناك.
    Ismail       : Ya, desa itu jauh dari kota. Saya mengendarai mobil kira-kira dua jam untuk sampai disana.

    الاستاذ          : كيف حال الهواء هناك ؟
    Guru         : bagaimana keadaan udara disana?

    اسماعيل        : الهواء هناك بارد ومريح. سكنت في ذلك المكان وقتا طويلا.
    Ismail       : Udara disana dingin dan berangin. Saya tinggal di tempat itu waktu yang lama. 

    الاستاذ          : هل في القرية مزارع واشجار متنوّعة ؟
    Guru         : Apakah di desa itu tanaman dan pepohonan bermacam-macam?

    اسماعيل        : نعم، فيها مزارع واشجار. زرع جدّي فى المزرعة التّفاحة والدّوريان
                       والعنب والفواكه الاخرى.
    Ismail       : Ya, padanya tanaman dan pepohonan. Kakekku menanam pada ladang itu buah apel, durian, anggur dan buah-buahan yang lain.



    الاستاذ          : هل زرت تلك المزرعة يا اسماعيل ؟
    Guru         : apakah engkau mengunjungi ladang itu hai Ismail?

    اسماعيل        : نعم، زرت تلك المزرعة وساعدت جدّي فيها.
                       جنينا الثّمرات النّاضجة. الثّمرات لذيذة وحلوة.
    Ismail       : Ya, saya mengunjungi ladang itu dan saya membantu kakekku padanya.
                         Kebun berbuah matang. Buah itu enak dan manis.

    الاستاذ          : هل سرّتك تلك الزيارة يا اسماعيل ؟
    Guru         : Apakah engkau gembira berkunjung itu hai Ismail?

    اسماعيل        : نعم، سرّتني تلك الزّيارة وسأعود هناك فى اليوم القادم.
    Ismail        : Ya, saya gembira berkunjung itu dan saya akan melakukan perjalanan kesana pada hari yang akan datang.

    التدريب 5       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 5         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     اَيْنَ ذَهَبَ اِسْمَاعِيْلُ فِى اْلعُطْلَةِ ؟ ..........................
    2.     اَيْنَ سَكَنَ جَدُّ اِسْمَاعِيْلُ ؟ ..........................
    3.     هَلِ الْهَوَاءُ فِى اْلقَرْيَةِ بَارِدٌ وَمَرِيْحٌ ؟ ..........................
    4.     هَلْ سَاعَدَ اِسْمَاعِيْلُ جَدَّهُ ؟ ..........................
    5.     مَاذَا يَزْرَعُ جَدَّهُ  فِى اْلمَزْرَعَةِ ؟ ..........................









    القراءة           : اقرأ القراءة التالية جيدا !
    Membaca        : Bacalah qira’ah berikut baik-baik!

    ارتحل النّاس من مكان الى مكان اخر طول الزمان. فالرحلة مهمة للناس.
    رحل الناس بوسائل النّقل المتنوّعة، منها وسيلة جويّة يعنى الطائرة،
    ووسيلة بحريّة يعنى السّفينة، ووسيلة بريّة يعنى القطار والسّيّارة.
    Manusia berpergian dari suatu tempat ke tempat yang lain sepanjang zaman. Maka perjalanan itu keperluan bagi manusia.
    Manusia pergi dengan transportasi yang bermacam-macam, diantaranya transportasi udara yaitu pesawat terbang, dan transportasi laut yaitu kapal laut, dan trasportasi darat yaitu kereta api dan mobil.
    فضّل النّاس الرّحلة بالطائرة لانّها لا تستغرق وقتا طويلا.
    ذهب الراحلون بالطّائرة الى المطار حيث طارت وهبطت الطائرة.
    Manusia lebih berpergian dengan pesawat terbang, karena tidak menghabiskan waktu yang lama.
    Para penumpang pergi dengan pesawat terbang ke bandara dimana terbang dan mendarat pesawat itu.
    فضّل بعد الناس الرّحلة بالسّفينة. الرّحلة بالسّفينة اطول من الرّحلة
    بالطائرة، ولكن ارخص. ذهب الرّاحلون الى الميناء. رحلت وجاءت السفينة فيه.
    Sebagian manusia lebih berpergian dengan kapal laut. Perjalanan dengan kapal laut lebih panjang dari perjalanan dengan pesawat terbang, akan tetapi lebih murah. Para penumpang pergi dari pelabuhan. Pergi dan datang kapal laut itu padanya (pelabuhan).
    رحل بعد النّاس بالسّيّارة. ساق الانسان السّيّارة نفسه. في فرصة اخرى
    يرحل النّاس بالحافلة او الاوتوبيس. هم ذهبوا الى محطّة اوتوبيس وركبوا هناك.
    Sebagian manusia berpergian dengan mobil. Manusia menyetir mobilnya sendiri. Pada kesempatan yang lain manusia berangkat dengan berhimpun atau dengan bis. Mereka pergi ke terminal dan naik (mengenderai) disana.
    والآخر رحلوا بالقطار. الرحلة بالقطار اسرع من الرّحلة بالسّيّارة.
    رحل القطار من محطّة القطار وسافر من المدينة الى مدينة اخرى.
    ايّها الاخوان، ايّ الوسائل تفضلون فى الرحلة ؟
    Dan terakhir, mereka berpergian dengan kereta api. Perjalanan dengan kereta api lebih cepat dari perjalanan dengan mobil.
    Kereta api berangkat dari stasiun dan berjalan dari kota ke kota lain.
    Hai saudara-saudaraku, apa transportasi yang kalian utamakan dalam perjalanan?

    التدريب 6       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 6         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     اُذْكُرْ اَنْوَاعَ وَسَائِلِ النَّقْلِ ؟
    2.     لِمَاذَا فَضَّلَ النَّاسُ الرِّحْلَةَ بِالطَّائِرَةِ ؟
    3.     هَلِ الرِّحْلَةَ بِالقِطَارِ اَسْرَعُ مِنَ الرِّحْلَةِ بِالسَّيَّارَةِ ؟
    4.     اَيْنَ وَقَفَ اْلقِطَارُ ؟
    5.     اَيْنَ تَجْرِيْ السَّفِيْنَةُ ؟


    التدريب 7       : ضع على الجملة الآتية حركات مناسبة !
    Latihan 7         : Berilah harakat yang sesuai pada kalimat-kalimat berikut ini!

    1.     ذهبت العائلة بالسيارة فى الصباح الباكر
    2.     الرحلة بالقطار اسرع من الرحلة بالسيارة
    3.     جانب الشارع مباني كبيرة وعمارات عالية
    4.     فضل الناس الرحلة بالطائرة
    5.     انتظر مروان غروب الشمس

    التدريب 8       : ترجم الجملة الآتية الى اللغة الإندونيسية !
    Latihan 8         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Indonesia!

    1.     جَانِبَ الشَّارِعِ مَزَارِعُ وَحَدَائِقُ وَاسِعَةٌ
    2.     الَرِّحْلَةُ بِالسَّفِيْنَةِ اَطْوَلُ مِنَ الرِّحْلَةِ بِالطَّائِرَةِ
    3.     اَخَذَ مَرْوَانُ مَلاَبِسَ السِّبَاحَةِ
    4.     رَكِبْتُ السَّيَّارَةَ حَوَلَيْ سَاعَتَيْنِ لِاَصِلَ هُنَاكَ
    5.     ذَهَبَ الرَّاحِلُوْنَ بِالطَّائِرَةِ

    التدريب 9                 : ترجم الجملة الآتية الى اللّغة العربيّة !
    Latihan 9         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Arab!

    1.      Telah datang waktu libur
    2.      Saya mengunjungi kakek saya
    3.      Kereta api berangkat dari stasiun
    4.      Di ladang buah apel, durian dan anggur
    5.      Udara disana dingin
    التدّريب 10    : اكمل الجمل الآتية بالكلمة المناسبة !
    Latihan 10       : Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang sesuai!

    1.     هَلْ . . . . . اِلَى بَيْتِ عَمِّكَ فِى اْلعُطْلَةِ اْلمَاضِيَةِ ؟
    أ‌.        رَحَلْتَ       ب. تَرْحَلُ        ج. رِحْلَةٌ
    2.     سَبَحْتُ فِيْ  . . . . . بِاْلاَمْسِ.
    أ‌.        الْمَحَطَّةِ      ب. اْلجَبَلِ        ج. شَاطِئِ اْلبَحْرِ
    3.     زَارَتْ فَاطِمَةُ عَمَّتَهَا ثُمَّ . . . . . فِيْ شَاطِئِ اْلبَحْرِ.
    أ‌.        سَبَحْتَ       ب. سَبَحَتْ       ج. سَبَحْتُ
    4.     يَا حَاكِمُ،  . . . . . هَذِهِ اْلمَنَاظِرَ !
    أ‌.        اُنْظُرَا        ب. اُنْظُرِيْ      ج. اُنْظُرْ
    5.     هَلْ  . . . . . الطَّائِرَةُ فِى اْلجَوِّ ؟
    أ‌.        طَارَتْ       ب. سَبَحَتْ       ج. جَرَتْ
    0 

    Tambahkan komentar



  2. المفردات
    Hapalkan mufradat berikut ini!

    رقم
    المفردات
    معناها
    1
    الواجب المنزليّ
    Pekerjaan rumah
    2
    صعب ج صعاب
    Sulit
    3
    سهل ج سهول
    Mudah
    4
    معنى ج معان
    Arti
    5
    فراش ج فرش
    Tempat tidur
    6
    قاموس ج قواميس
    Kamus
    7
    بالسرور
    Dengan senang hati
    8
    خطئ – يخطأ
    Salah
    9
    سأل – يسأل
    Bertanya
    10
    طلب – يطلب
    Mencari
    11
    استطاع – يستطيع
    Mampu
    12
    فهم – يفهم
    Mengerti
    13
    فرح – يفرح
    Bergembira
    14
    فتح – يفتح
    Membuka
    15
    قضى – يقضي
    Menyelesaikan
    16
    وجد – يجد
    Menemukan
    17
    أجاب – يجيب
    Menjawab
    18
    عرف – يعرف
    Mengetahui
    19
    علّم – يعلّم
    Mengajar
    20
    اعطى – يعطي
    Memberi












    التّدريب 1     : ضع في مكان الفراغ معنى المفردات التّالية !
    Latihan 1         : Tuliskan arti kata berikut pada kolom yang tersedia!

    رقم
    المفردات
    معناها
    Kunci Huruf
    1
    الواجب المنزليّ
    .....................
    PR
    2
    صعب ج صعاب
    .....................
    S
    3
    سهل ج سهول
    .....................
    M
    4
    معنى ج معان
    .....................
    A
    5
    فراش ج فرش
    .....................
    Tt
    6
    قاموس ج قواميس
    .....................
    K
    7
    بالسرور
    .....................
    D
    8
    خطئ – يخطأ
    .....................
    S
    9
    سأل – يسأل
    .....................
    B
    10
    طلب – يطلب
    .....................
    M
    11
    استطاع – يستطيع
    .....................
    M
    12
    فهم – يفهم
    .....................
    M
    13
    فرح – يفرح
    .....................
    B
    14
    فتح – يفتح
    .....................
    M
    15
    قضى – يقضي
    .....................
    M
    16
    وجد – يجد
    .....................
    M
    17
    أجاب – يجيب
    .....................
    M
    18
    عرف – يعرف
    .....................
    M
    19
    علّم – يعلّم
    .....................
    M
    20
    اعطى – يعطي
    .....................
    M











    الاستماع        سيقرأ استاذك القصة الآتية. اسمع قرائته جيدا !
    Gurumu akan membacakan cerita berikut ini. Dengarkan baik-baik!

    تعلّم حسين اللّغة العربيّة بالأمس. علّم المدرّس وأعطى واجبا منزليّا
    لتلاميذه. رجع حسين من المدرسة نهارا. اكل وصلّى صلاة الظّهر، ثمّ نام في بيته.
    Husain telah belajar Bhs. Arab kemarin. Guru telah mengajarkan dan telah memberi PR
    bagi murid-muridnya. Husain pulang dari sekolah siang hari. Dia makan dan mengerjakan shalat Zuhur, kemudian dia tidur di rumahnya.
    درس حسين دروسه ليلا، وقام بالواجب المنزليّ. ذلك الواجب المنزليّ صعب.
    هناك مفردات جديدة ما عرف معناها. أخذ حسين القاموس،
    ثمّ فتحه ووجد معناها هناك.
    Husain belajar pelajarannya malam hari, dan dia mulai mengerjakan PR. PR itu sulit.
    Disana terdapat kosakata baru yang tidak tahu artinya. Husain mengambil kamus,
    kemudian membukanya dan menemukan artinya disana.
    فرح حسين لأنّه عرف معنى كلّ كلمة وجملة فيه.
    فأجاب الاسئلة وكتب اجوبتها على الكرّاسة. كان الواجب المنزليّ سهل لحسين.
    Husain senang karena telah mengetahui arti setiap kata dan kalimat padanya.
    Maka dia menjawab soal-soal dan dia menulis jawabannya di buku tulis. PR itu mudah bagi Husain.
    نام حسين ليلا بالسّرور. قام من نومه صباحا. تعلّم دروسه مرّة بعد صلاة الصّبح.
    والآن، هو في المدرسة ليتعلّم اللّغة العربيّة. خرج حسين من المدرسة بكلّ فرح، لان ليس هناك خطأ
    في اجوبة الواجب المنزليّه..
    Husain tidur malam dengan gembira. Dia bangun dari tidurnya pagi hari. Dia belajar pelajarannya sekali setelah shalat Subuh.
    Dan sekarang, dia di sekolah untuk belajar Bhs. Arab. Husain keluar dari sekolah dengan senang hati, karena tidak ada yang salah pada jawaban PR-nya.

    التّدريب 2     : اجب عن الاسئلة التّالية !
    Latihan 2         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     مَاذَا تَعَلَّمَ حُسَيْنٌ بِاْلاَمْسِ ؟........................
    2.     مَاذَا اَعْطَى اْلمُدَرِّسُ ؟........................
    3.     مَتَى يَدْرُسُ حُسَيْنٌ دُرُوْسَهُ ؟ يَدْرُسُ حُسَيْنٌ دُرُوْسَهُ........................
    4.     هَلِ اْلوَاجِبُ اْلمَنْزِلِيُّ صَعْبٌ ؟........................ اْلوَاجِبُ اْلمَنْزِلِيُّ صَعْبٌ.
    5.     لِمَاذَا خَرَجَ حُسَيْنٌ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ بِكُلِّ فَرْحٍ ؟ لِاَنَّ........................



    التّركيب
    Tata Bahasa     : Fiil Madi (الفعل الماضي), Fa’il (الفاعل), dan Maf’ul Bih (المفعول به).

    1.    Fiil Madi (الفعل الماضي) adalah fiil yang menunjukkan perbuatan yang telah dilakukan pada masa lampau. Contohnya adalah رجع (telah pulang) dan ذهب (telah pergi).
    2.    Fa’il (الفاعل) adalah isim yang menunjukkan pelaku perbuatan pada suatu struktur kalimat. I’rab (اعراب) fa’il adalahmarfu’ (مرفوع).
    3.    Maf’ul Bih (المفعول به) adalah isim yang menunjukkan objek perbuatan pada suatu struktur kalimat. I’rab maf’ul bihadalah mansub (منصوب).
    Contoh kalimat : قرأ احمد الكتاب (Ahmad telah membaca buku itu).
    Fiil madi-nya adalah قرأ fa’il-nya adalah احمد dan maf’ul bih-nya adalah  الكتاب.
    Jika fiil madi bersambung dengan domir muttasil, penulisannya mengikuti aturan sebagai berikut:
    1.    هُوَ   = Fiil madi tidak bersambung dengan huruf apapun.  Fa’il kalimat tersebut tersembunyi. Contohnya:فَعَلَ ، ذَهَبَ
    2.    هِيَ  = Fiil madi bersambung dengan  تْyang berfungsi sebagai fa’il, dan huruf sebelumnya fathah. Contohnya: .فَعَلَتْ ، ذَهَبَتْ
    3.    اَنْتَ = Fiil madi bersambung dengan تَ yang berfungsi sebagai fa’il, dan huruf sebelumnya disukun. Contohnya: .فَعَلْتَ ، ذَهَبْتَ
    4.    اَنْتِ = Fiil madi bersambung dengan تِ yang berfungsi sebagai fa’il, dan huruf sebelumnya disukun. Contohnya:  .فَعَلْتِ ، ذَهَبْتِ
    5.    اَنَا    = Fiil madi bersambung dengan تُ yang berfungsi sebagai fa’il, dan huruf sebelumnya disukun. Contohnya: .فَعَلْتُ ، ذَهَبْتُ
    التّدريب 3     : اكتب فى الفراغ فعلا ماضي مناسبا !
    Latihan 3         : Isilah titik-titik berikut dengan Fiil Madi yang sesuai!

    رقم
    هُوَ
    هِيَ
    اَنْتَ
    اَنْتِ
    اَنَا
    1
    فَعَلَ
    فَعَلَتْ
    فَعَلْتَ
    فَعَلْتِ
    فَعَلْتُ
    2
    نَظَرَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    3
    عَرَفَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    4
    رَجَعَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    5
    جَلَسَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    6
    كَتَبَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    7
    شَاهَدَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    8
    دَرَسَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    9
    فَتَحَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    10
    دَخَلَ
    .....
    .....
    .....
    .....
    التدريب 4       : ضع كلمات الآتية فى الجملة مفيدة كما فى المثال !
    Latihan 4         :    Susunlah kalimat yang sempurna dengan menggunakan kata-kata berikut ini seperti contoh!

    المثال : اَنَا / يَقْضِيْ / وَاجِبٌ مَنْزِلِيٌّ   =   قَضَيْتُ اْلوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ

    1.     هُوَ / يَقْرَأُ / كِتَابٌ              =   ............
    2.     هِيَ / طَبَخَ / طَعَامٌ              =   ............
    3.     اَنْتَ / كَتَبَ / رِسَالَةٌ            =   ............
    4.     اَنْتِ / شَاهِدَ / تِلْفَازٌ             =   ............
    5.     اَنَا / فَهِمَ / قَوْلُ اْلاُسْتَاذِ         =   ............    




































    المحادثة

    تحدث الاستاذ وتلاميذه عن الواجب المنزليّ. إقرأ هذه المحادثة واطبقها مع صديقك !
    Pak guru dan murid-muridnya bercakap-cakap tentang PR mereka.
    Bacalah percakapan tersebut dan praktikkan dengan temanmu!

    الاستاذ           : ايها التلاميذ ! اعطيت الواجب المنزليّ بالامس. يا سالم، هل قضيته ؟
    Guru      : Hai murid-murid, saya telah memberi PR kemarin. Hai Salim, apakah engkau telah menyelesaikannya?
    سالم              : نعم، يا استاذ. قضيت الواجب المنزليّ
    Salim     : Ya, wahai guru. Saya telah menyelesaikan PR itu.
    الاستاذ           : هل الواجب المنزليّ صعب ؟
    Guru      : Apakah PR itu sulit?
    سالم              : لا، ليس الواجب المنزليّ صعبا، بل هو سهل.
    Salim     : Tidak, PR itu tidak sulit, tetapi mudah.
    الاستاذ           : وكيف بك يا اسماعيل، هل وجدت صعبة في الواجب المنزليّ ؟
    Guru      : Dan bagaimana dengan engkau hai Ismail, apakah engkau menemukan kesulitan pada PR itu?
    اسماعيل         : نعم، وجدت مفردات جديدة لا اعرف معناها.
    Ismail     : Ya, saya menemukan mufradat baru yang tidak saya ketahui artinya.
    الاستاذ           : يا حاكم، هل وجدت مفردات جديدة كذلك في الواجب المنزليّ ؟
    Guru      : Hai Hakim, apakah engkau menemukan mufradat baru seperti itu dalam PR?
    حاكم             : نعم، وجدت تلك المفردات.
    Hakim    : Ya, saya menemukan mufradat itu.
    الاستاذ           : اذن، ماذا تفعل يا حاكم ؟
    Guru      : Baiklah, apa yang engkau lakukan ya Hakim?
    حاكم             : فتحت القاموس وطلبت عن معنى المفردات.
    Hakim    : Saya membuka kamus dan saya mencari arti mufradat itu.
    الاستاذ           : هل وجدتها يا حاكم ؟
    Guru      : Apakah mengkau menemukannya hai Hakim?
    حاكم             : نعم، يا استاذ. وجدتها واستطعت في قضاء الواجب المنزليّ.
    Hakim    : Ya, wahai guru. Saya menemukannya dan saya mampu menyelesaikan PR itu.
    الاستاذ           : ايها التلاميذ ! عليكم ان تفعلوا كما يفعل حاكم. هو تلميذ مجتهد وذكيّ.
                        هل فهمتم ؟
    Guru      : Hai murid-murid! Hendaklah kalian semua mengerjakan sebagaimana yang dilakukan Hakim. Dia murid yang bersungguh-sungguh dan cerdas. Apakah kalian semua mengerti?
    التلاميذ          : فهمنا يا استاذ !
    Murid**          : Kami semua mengerti wahai guru!




    التدريب 5       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 5         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     مَنِ الَّذِيْ اَعْطَى اْلوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ ؟.......................
    2.     هَلْ قَضَى سَالِمٌ الوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ ؟ ....................... قَضَى سَالِمٌ الوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ.
    3.     هَلْ الوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ صَعْبٌ لِسَالِمٍ ؟.......................الوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ صَعْبٌ لِسَالِمٍ.
    4.     اَيْنَ يَطْلُبُ حَاكِمٌ مُفْرَدَاتٍ جَدِيْدَةٍ ؟.......................
    5.     هَلْ فَهِمَ التَّلاَمِيْذُ قَوْلَ اْلاُسْتَاذِ ؟....................... فَهِمَ التَّلاَمِيْذُ قَوْلَ اْلاُسْتَاذِ.






































    القراءة           : اقرأ القراءة التالية جيدا !
    Membaca        : Bacalah qira’ah berikut baik-baik!

    يرجع ابراهيم من المدرسة بعد صلاة الظّهر. دخل ابراهيم البيت وتناول الغداء قليلا.
    ذهب الى غرفته ويريد ان ينام. بعد  ساعة، لا يستطيع ابراهيم ان ينام.
    هو يفكّر عن الواجب المنزليّ اعطاه الاستاذ.
    Ibrahim pulang dari sekolah setelah shalat Zuhur. Ibrahim masuk ke rumah dan makan siang sedikit.
    Dia pergi ke kamarnya dan hendak tidur. Setelah sejam, Ibrahim tidak mampu tidur.
    Dia memikirkan tentang PR yang diberi guru.
    قام ابراهيم من فراشه، وبحث عن القاموس. وجد ابراهيم القاموس على الخزانة.
    فتح ابراهيم القاموس وطلب عن مفردات. ولكن ما وجدها الاّ قليلا.
    فكّر ابراهيم، كيف اقضى الواجب المنزليّ ؟
    Ibrahim bangun dari tempat tidurnya, dan mencari kamus. Ibrahim menemukan kamus di atas lemari buku. Ibrahim membuka kamus dan dia mencari kosakata. Akan tetapi dia tidak menemukannya melainkan sedikit.
    Ibrahim berpikir, bagaimana saya menyelesaikan PR itu?
    جلس  ابراهيم على الفراش وهو يفكّر. فذكر ابراهيم صديقه، اسمه سليمان.
    هو تلميذ ذكيّ. اخذ ابراهيم محفظته ثمّ ذهب الى بيت سليمان.
    Ibrahim duduk di tas tempat tidur dan dia berpikir. Maka Ibrahim ingat temannya, namanya Sulaiman.
    Dia murid yang cerdas. Ibrahim mengambil tasnya kemudian pergi ke rumah Sulaiman.
    جاء ابراهيم بيت سليمان وهو يرحّبه ترحيبا جميلا ودعاه الى بيته.
    تحدّث سليمان و ابراهيم قليلا، ثمّ قاما بقضاء الواجب المنزليّ.
    والآن، استطاع ابراهيم ان يقضي الواجب المنزليّ. رجع ابراهيم الى بيته بكلّ السّرور.
    Ibrahim telah tiba di rumah sulaiman dan dia (Sulaiman) menyambutnya dengan sambutan yang baik dan mempersilahkan ke rumahnya.
    Sulaiman dan Ibrahim bercakap-cakap sedikit, kemudian mereka mulai mengerjakan untuk menyelesaikan PR itu.
    Dan sekarang, Ibrahim mampu menyelesaikan PR itu. Ibrahim kembali ke rumahnya dengan sangat gembira.

    التدريب 6       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 6         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     مَاذَا عَمِلَ اِبْرَاهِيْمُ فِيْ غُرْفَتِهِ ؟ .......................
    2.     مَا الَّذِيْ بَحَثَ اِبْرَاهِيْمُ ؟ .......................
    3.     مَنِ الَّذِيْ ذَكَرَ اِبْرَاهِيْمُ ؟ .......................
    4.     اِلَى اَيْنَ ذَهَبَ اِبْرَاهِيْمُ ؟ .......................
    5.     هَلْ قَضَى اِبْرَاهِيْمُ اْلوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ ؟ .......................


    التدريب 7       : ضع على الجملة الآتية حركات مناسبة !
    Latihan 7         : Berilah harakat yang sesuai pada kalimat-kalimat berikut ini!

    1.            دخل رضوان الفصل                                    6.     شاهد رضوان التلفاز
    2.            قرأ سلمان الكتاب                                        7.     كتب فاطمة الرسالة
    3.            شرب صادق القهوة                                      8.     حمل عائشة المحفظة
    4.            تعلم حسين اللغة العربية                                9.     اخذ حسين القاموس
    5.            دخل ابراهيم البيت                                      10.   وجد ابراهيم القاموس

    التدريب 8       : ترجم الجملة الآتية الى اللغة الإندونيسية !
    Latihan 8         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Indonesia!

    1.     خَرَجَ حُسَيْنٌ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ بِكُلِّ فَرْحٍ
    2.     اَعْطَيْتُ اْلوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ بِاْلاَمْسِ
    3.     فَتَحْتُ اْلقَامُوْسَ وَطَلَبْتُ عَنْ مَعْنَى اْلمُفْرَدَاتِ
    4.     قَامَ اِبْرَاهِيْمُ مِنْ فِرَاشِهِ
    5.     وَجَدْتُ مُفْرَدَاتٍ جَدِيُدَةً لاَ اَعْرِفُ مَعْنَاهَا

    التدريب 9                 : ترجم الجملة الآتية الى اللّغة العربيّة !
    Latihan 9         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Arab!

    1.    Husain telah belajar Bhs. Arab kemarin
    2.    PR itu mudah bagi Husain
    3.    Husain keluar dari sekolah dengan senang hati
    4.    Saya telah menyelesaikan PR
    5.    Ibrahim menemukan kamus di atas lemari buku
    التدّريب 10    : اكمل الجمل الآتية بالكلمة المناسبة !
    Latihan 10       : Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang sesuai!

    1.      . . . . . . اْلوَاجِبَ اْلمَنْزِلِيَّ بِاْلاَمْسِ.
    أ‌.        قَضَيْتُ    ب. اَقْضِى       ج. قَضَاءُ
    2.      هَلْ . . . . . . هَذِهِ الرِّسَالَةَ فِي البَارِحَةِ يَا سَلْمَانُ ؟
    أ‌.        كَتَبْتِ      ب. كَتَبْتَ        ج. كَتَبْتُ
    3.      دَخَلَ فَاطِمَةُ اْلبَيْتَ وَ. . . . . . كِتَابَ اللُّغَةِ.
    أ‌.        قَرَأْتِ      ب. قَرَأْتُ        ج. قَرَاَتْ
    4.      هَذَا تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ . . . . . . مِنْ جَاكَرْتَا
    أ‌.        جَاءَتْ     ب. جَاءَ          ج. جَاءُوْا
    5.      هَلْ . . . . . . صَعْبًا يَا سَلَمَةُ ؟
    أ‌.        وَجَدْتُ    ب. وَجَدْتَ       ج. وَجَدْتِ
    0 

    Tambahkan komentar



  3. المفردات
    Hapalkan mufradat berikut ini!

    رقم
    المفردات
    معناها
    1
    فعل ج افعال
    Perbuatan, kegiatan
    2
    يومية ج يوميات
    Sehari – hari
    3
    استراح – يستريح
    Beristirahat
    4
    شاهد – يشاهد
    Menyaksikan
    5
    ساعد – يساعد
    Membantu
    6
    لعب – يلعب
    Bermain
    7
    دخل – يدخل
    Masuk
    8
    رجع – يرجع
    Kembali
    9
    يتناول الفطور
    Makan pagi
    10
    يتناول الغداء
    Makan siang
    11
    يتناول العشاء
    Makan malam
    12
    اغتسل – يغتسل
    Mandi
    13
    قرأ – يقرأ
    Membaca
    14
    توضّأ – يتوضّأ
    Berwudu
    15
    نام – ينام
    Tidur
    16
    صلّى – يصلّى
    Shalat
    17
    استيقظ – يستيقظ
    Bangun
    18
    اطاع – يطيع
    Menaati
    19
    امر – يأمر
    Memerintah
    20
    درس – يدرس
    Belajar












    التّدريب 1     : ضع في مكان الفراغ معنى المفردات التّالية !
    Latihan 1         : Tuliskan arti kata berikut pada kolom yang tersedia!

    رقم
    المفردات
    معناها
    Kunci Huruf
    1
    فعل ج افعال
    .....................
    P
    2
    يومية ج يوميات
    .....................
    S
    3
    استراح – يستريح
    .....................
    B
    4
    شاهد – يشاهد
    .....................
    M
    5
    ساعد – يساعد
    .....................
    M
    6
    لعب – يلعب
    .....................
    B
    7
    دخل – يدخل
    .....................
    M
    8
    رجع – يرجع
    .....................
    K
    9
    يتناول الفطور
    .....................
    MP
    10
    يتناول الغداء
    .....................
    MS
    11
    يتناول العشاء
    .....................
    MM
    12
    اغتسل – يغتسل
    .....................
    M
    13
    قرأ – يقرأ
    .....................
    M
    14
    توضّأ – يتوضّأ
    .....................
    B
    15
    نام – ينام
    .....................
    T
    16
    صلّى – يصلّى
    .....................
    S
    17
    استيقظ – يستيقظ
    .....................
    B
    18
    اطاع – يطيع
    .....................
    M
    19
    امر – يأمر
    .....................
    M
    20
    درس – يدرس
    .....................
    B











    الاستماع        سيقرأ استاذك القصة الآتية. اسمع قرائته جيدا !
    Gurumu akan membacakan cerita berikut ini. Dengarkan baik-baik!

    رضوان تلميذ نشيط صالح. هو يطيع اوامر ابيه وامه،
    ويطيع اوامر الدين. له اعمال يوميّة.
    Ridwan murid yang rajin lagi saleh. Dia taat segala perintah ayahnya dan ibunya,
    dan taat segala perintah agama. Baginya pekerjaan sehari-hari.

    يقوم من النوم في الساعة الخامسة صباحا، ثمّ يتوضأ ويصلى صلاة الصبح.
    بعد ذلك يقرأ القرآن ويدرس دروسه الى الساعة السادسة.
    يغتسل ويتناول الفطور بعده، ثمّ يذهب الى المدرسة ليتعلم.
    Dia bangun dari tidur pada jam 5 pagi, kemudian dia berwudu dan dia shalat Subuh.
    Setelah itu dia membaca Al-Qur’an dan dia belajar pelajarannya sampai jam 6.
    Dia mandi dan dia makan pagi setelahnya, kemudian dia pergi ke sekolah untuk belajar.

    يدخل رضوان الفصل فى الساعة السابعة صباحا. يتعلم هناك الى الساعة الثانية عشرة نهارا.
    هناك مسجد في مدرسته، ويصلى صلاة الظهر هناك فى تلك الساعة.
    يرجع رضوان الى بيته بعد صلاة الظهر.
    Ridwan masuk ke dalam kelas pada jam 7 pagi. Dia belajar disana hingga jam 12 siang.
    Disana sebuah masjid di sekolahnya, dan dia shalat Zuhur disana pada waktu itu.
    Ridwan pulang ke rumahnya setelah shalat Zuhur.


    التّدريب 2     : اجب عن الاسئلة التّالية !
    Latihan 2    : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     هَلْ رِضْوَانُ تِلْمِيْذٌ صَالِحٌ ؟ .................... رِضْوَانُ تِلْمِيْذٌ صَالِحٌ.
    2.     مَتَى يَقُوْمُ رِضْوَانُ مِنَ النَّوْمِ ؟ يَقُوْمُ رِضْوَانُ مِنَ النَّوْمِ فِى السَّاعَةِ ....................
    3.     مَاذَا يَفْعَلُ رِضْوَانُ بَعْدَ الصَّلاَةِ الصُّبْحِ ؟ بَعْدَ الصَّلاَةِ الصُّبْحِ هُوَ....................
    4.     مَتَى يَدْخُلُ رِضْوَانُ اْلفَصْلَ ؟ يَدْخُلُ رِضْوَانُ اْلفَصْلَ فِى السَّاعَةِ....................
    5.     مَاذَا يَفْعَلُ رِضْوَانُ بَعْدَ صَلاَةِ الظُّهْرِ ؟ بَعْدَ صَلاَةِ الظُّهْرِ هُوَ....................







    التّركيب
    Tata Bahasa :

    Fiil Mudhari’ (الفعل المضارع), Fiil Amar (الفعل الامر), dan Maf’ul Bih (المفعول به).
    1.      Fiil Mudhari’ (الفعل المضارع) adalah fiil yang menunjukkan perbuatan yang dilakukan pada masa sekarang atau yang akan datang. Contohnya adalah يرجع  (akan pulang, sedang pulang) dan يذهب (akan pergi, sedang pergi).
    2.      Fiil Amar (الفعل الامرadalah fiil yang menunjukkan adanya perbuatan yang diminta oleh pembicara terhadap orang yang diajak bicara. Contohnya adalah إجلس (duduklah) dan إذهب (Pergilah).
    3.      Maf’ul Bih (المفعول به) adalah isim yang menunjukkan objek perbuatan pada suatu struktur kalimat. I’rabnya adalahmansub (منصوب).
    Contoh kalimat:
    1.      يشاهد رضوان التلفاز             Ridwan menyaksikan televisi
    2.      يا رضوان، ادخل الفصل !      Hai Ridwan, masuklah ke kelas!
    3.      رضوان يصلّي صلاة الصّبح   Ridwan mengerjakan shalat Subuh

    التّدريب 3     : اجعل ممّا يأتي جملة مفيدة كما في المثال !
    Latihan 3         : Buatlah kalimat yang sempurna dari kata-kata berikut ini seperti contoh!

    المثال :  فَوْزَانُ / يَدْخُلُ / فَصْلٌ  = يَا فَوْزَانُ، اُدْخُلُ اْلفَصْلَ

    1.     سَلْمَانُ / يَقْرَأُ / كِتَابٌ     = ..........
    2.     فَاطِمَةُ / يَكْتُبُ / رِسَالَةٌ   = ..........
    3.     صَادِقُ / يَشْرَبُ / قَهْوَةٌ   = ..........
    4.     عَائِشَةُ / يَحْمِلُ / مَحْفَظَةٌ = ..........
    5.     مُحَمَّدٌ / شَاهَدَ / تِلْفَازٌ     = ..........
    التدريب 4       : ضع الكلمات الآتية في جملة مفيدة كما في المثال !
    Latihan 4         : Susunlah kalimat yang sempurna dengan menggunakan kata-kata berikut ini seperti contoh!
    المثال :  نَظَرَ / سَاعَةُ اْلجِدَارِ     = هُوَ يَنْظُرُ  سَاعَةُ اْلجِدَارِ

    1.     لَبِسَ / سَاعَةُ اْليَدِ                   = ..........
    2.     سَمِعَ / قَوْلَ اْلاُسْتَاذِ       = ..........
    3.     اِهْتَمَّ / دَرْسٌ               = ..........
    4.     قَرَأَ / كِتَابٌ                = ..........
    5.     أَكَلَ / طَعَامٌ                = ..........
    المحادثة

    تحدث الاستاذ وتلاميذه عن الافعال اليوميّة. إقرأ هذه المحادثة واطبقها مع صديقك !
    Pak guru dan murid-muridnya bercakap-cakap tentang kegiatan sehari-hari mereka.
    Bacalah percakapan tersebut dan praktikkan dengan temanmu!

    الاستاذ       :   ايها التّلاميذ ! هل عندكم افعال يومية ؟
    Pak guru     :    Hai murid-murid! Apakah kalian menpunyai kegiatan sehari-hari?

    تلاميذ        :   نعم، يا استاذ. لنا افعال يومية
    Murid-**    :    Ya, wahai guru! Kami punya kegiatan sehari-hari.

    الاستاذ       :   يا امام، ماذا تفعال صباحا ؟
    Pak guru     :    Hai imam, apa yang engkau kerjakan pagi hari?

    امام           :   استيقظ من النوم فى الساعة الرابعة والنصف، ثمّ اصلّى الصّبح
                       وادرس دروسي ساعة. وبعد ذلك اساعد امي،
                       ثمّ اغتسل فى الساعة السادسة. اذهب الى المدرسة لاتعلّم
                       من الساعة السّابعة الى الساعة الثانية عشرة نهارا.
    Imam          :    Saya bangun dari tidur pada jam 4.30, kemudian saya mengerjakan shalat Subuh   
                            dan saya belajar sejam. Dan setelah itu saya membantu ibuku,
                            kemudian saya mandi pada jam 6. Saya berangkat ke sekolah untuk belajar
                            dari jam 7 sampai jam 12 siang.

    الاستاذ       :   يا صادق، ماذا تفعل من النهار الى المساء كلّ يوم ؟
    Pak guru     :    Hai Shodiq, apa yang engkau kerjakan dari siang sampai sore setiap hari?

    صادق        :   ارجع من المدرسة فى السّاعة الثانية عشرة والنصف. انام ساعتين، يعنى من السّاعة الواحدة الى الساعة الثالثة مساء. ثمّ اصلّى صلاة العصر فى السّاعة الثالثة والنصف.
                       العب مع اصدقائي بعد العصر واغتسل فى السّاعة الخامسة مساء.
    Shodiq        :    Saya pulang dari sekolah pada jam 12.30. Saya tidur dua jam, yaitu dari jam 1 sampai jam 3 sore. Kemudian saya shalat Asar pada jam 3.30.
                            Bermain bersama teman-temanku setelah Asar dan saya Mandi pada jam 5 sore.





    الاستاذ       :   وكيف بك يا لطيف ؟ ماذا تعمل ليلا ؟
    Pak guru     :    Dan bagaimana dengan engkau hai Latif? Apa yang engkau kerjakan malam hari?

    لطيف        :   اصلّي صلاة المغرب في الساعة السادسة والنصف،  ثم اقرأ القرآن،
                       واذاكر دروسي الى السّاعة السّابعة.  ثمّ اصلّى صلاة العشاء
                       فى الساعة السابعة والنصف.  وبعد ذلك آكل واشاهد التلفاز
                       مع اسرتي الى السّاعة التّاسعة،  ثمّ انام.
    Latif           :    Saya shalat Magrib pada jam 6.30, kemudian saya membaca Al-Qur’an,
                            dan saya mengulang pelajaran sampai jam 7. Kemudian saya shalat Isya
                            pada jam 7.30, dan setelah itu saya makan dan saya menonton tv
                            bersama keluargaku sampai jam 9, kemudian saya tidur.

    الاستاذ       :   كم الساعة تنام ليلا ؟
    Pak guru     :    Jam berapa engkau tidur malam?

    لطيف        :   انام ثمان ساعات وهي من السّاعة التّاسعة ليلا الى السّاعة الخامسة صباحا.
    Latif           : Saya tidur 8 jam, yaitu dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi.


    التدريب 5       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 5

    1.     هَلْ لِلتَّلَامِيْذَ اَفْعَالٌ يَوْمِيَّةٌ ؟.................... لِلتَّلَامِيْذَ اَفْعَالٌ يَوْمِيَّةٌ.
    2.     مَتَى يَسْتَيْقِظُ اِمَامٌ فِى الصَّبَاحِ ؟ يَسْتَيْقِظُ اِمَامٌ فِى الصَّبَاحِ فِى السَّاعَةِ ....................
    3.     هَلْ يُسَاعِدُ اِمَامٌ اُمُّهُ ؟ .................... يُسَاعِدُ اِمَامٌ اُمُّهُ.
    4.     مَتَى يَرْجِعُ صَادِقٌ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ ؟ يَرْجِعُ صَادِقٌ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ فِى السَّاعَةِ ....................
    5.     هَلْ يُشَاهِدُ لَطِيْفٌ التِّلْفَازَ ؟ .................... يُشَاهِدُ لَطِيْفٌ التِّلْفَازَ.










    القراءة           : اقرأ القراءة التالية جيدا !
    Membaca        : Bacalah qira’ah berikut baik-baik!

    يرجع رضوان من المدرسة بعد صلاة الظهر. بعد ذلك، يستريح في غرفته
    من السّاعة الواحدة نهارا الى الساعة الثالثة مساء. يصلى صلاة العصر بعده،
    ثم يلعب مع اصدقائه فى المديان. يرجع منه فى السّاعة الخامسة، ثمّ يغتسل.
    Ridwan pulang dari sekolah setelah shalat Zuhur. Setelah itu, dia beristirahat di kamarnya
    dari jam 1 siang sampai jam 3 sore. Dia mengerjakan shalat Asar setelahnya,
    kemudian dia bermain bersama teman-temannya di lapangan. Dia pulang dari bermain
    pada jam 5, kemudian dia mandi.

    يذهب رضوان الى المسجد فى الساعة السّادسة مساء، ويصلّي صلاة المغرب جماعة.
    بعد ذلك ينتظر دخول وقت العشاء بقراءة القرآن. فى السّاعة السّابعة والنصف ليلا
    يصلّى رضوان صلاة العشاء فى المسجد.
    Ridwan pergi ke masjid pada jam 6 sore, dan dia mengerjakan shalat Magrib berjamaah.
    Setelah itu dia menunggu masuk waktu Isya dengan membaca Al-Qur’an. Pada jam 7.30 malam Ridwan mengerjakan shalat Isya di masjid.

    يرجع رضوان من المسجد بعد العشاء، ثمّ يجتمع مع اسراته.
    يأكل معهم ويشاهد التلفاز ساعة. بعد ذلك، يدرس رضوان دروسه
    في غرفة المذاكرة. يسأل رضوان اباه وامه اذا كان له صعبة فى الدرس.
    يدرس رضوان باجتهاد الى السّاعة التّاسعة ليلا، ثمّ ينام.
    Ridwan pulang dari masjid setelah Isya, kemudian dia berkumpul bersama keluarganya.
    Dia makan bersama mereka dan dia melihat tv sebentar. Setelah itu, Ridwan belajar pelajarannya
    di kamar belajar. Ridwan bertanya kepada ayahnya dan ibunya apabila baginya kesulitan dalam pelajaran.
    Ridwan belajar dengan sungguh-sungguh sampai jam 9 malam, kemudian dia tidur.

    التدريب 6       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 6    : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     مَتَى يَرْجِعُ رِضْوَانُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ ؟ يَرْجِعُ رِضْوَانُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ....................
    2.     اَيْنَ يَسْتَرِيْحُ رِضْوَانُ ؟ يَسْتَرِيْحُ رِضْوَانُ فِى ....................
    3.     هَلْ يَلْعَبُ رِضْوَانُ فِى اْلمَسَاءِ ؟.................... يَلْعَبُ رِضْوَانُ فِى اْلمَسَاءِ.
    4.     مَاذَا يَفْعَلُ رِضْوَانُ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ ؟ ....................
    5.     مَتَى يَرْجِعُ رِضْوَانُ مِنَ اْلمَسْجِدِ ؟ يَرْجِعُ رِضْوَانُ مِنَ اْلمَسْجِدِ....................

    التدريب 7       : ضع على الجملة الآتية حركات مناسبة !
    Latihan 7         : Berilah harakat yang sesuai pada kalimat-kalimat berikut ini!

    1.     يدخل رضوان الفصل فى السّاعة السابعة صباحا
    2.     يشاهد رضوان التلفاز
    3.     رضوان يصلّي صلاة الصّبح
    4.     يرجع رضوان من المدرسة بعد صلاة الظّهر
    5.     يصلّى رضوان صلاة العشاء فى المسجد

    التدريب 8       : ترجم الجملة الآتية الى اللغة الإندونيسية !
    Latihan 8         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Indonesia!

    1.       يَرْجِعُ رِضْوَانُ اِلَى بَيْتِهِ بَعْدَ صَلاَةَ الظُّهْرِ
    2.       اَرْجِعُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ فِى السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ عَشْرَةِ وَالنِّصْفَ
    3.       يَذْهَبُ رِضْوَانُ اِلَى اْلمَسْجِدِ فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ مَسَاءً
    4.       يَدْرُسُ رِضْوَانُ دُرُوْسَهُ فِيْ غُرْفَةِ اْلمُذَاكَرَةِ
    5.       اُشَاهِدُ التِّلْفَازَ مَعَ اُسْرَتِيْ

    التدريب 9                 : ترجم الجملة الآتية الى اللّغة العربيّة !
    Latihan 9         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Arab !

    1.      Ridwan murid yang rajin
    2.      Saya bangun dari tidur pada jam 4.30
    3.      Saya Mandi pada jam 5 sore.
    4.      Ridwan belajar dengan sungguh-sungguh sampai jam 9 malam
    5.      Pada jam 7.30 malam Ridwan shalat Isya di masjid
    التدّريب 10    : اكمل الجمل الآتية بالكلمة المناسبة !
    Latihan 10       : Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang sesuai!

    1.     رِضْوَانُ . . . صَلاَةَ الصُّبْحِ.
    أ‌.        يَعْلَمُ          ب. يُصَلِّيْ       ج. يَذْهَبُ
    2.     سُلَيْمَانُ . . . فِى اْلمَدْرَسَةِ.
    أ‌.        يَدْرُسُ       ب. يَلْعَبُ        ج. يَنَامُ
    3.     تَتَنَاوَلُ عَائِشَةُ . . . نَهَارًا.
    أ‌.        اْلفُطُوْرَ      ب. اْلغَدَاءَ        ج. اْلعَشَاءَ
    4.     يَا سَلْمَانُ، . . . كَلاَمَ اْلأُسْتَاذِ !
    أ‌.        اِسْمَعْ        ب. اُسْمَعْ        ج. اُسْمُعْ
    5.     يَا مُنِيْرَةُ، . . . كِتَابِكِ !
    أ‌.        اَفْتُحِيْ       ب. اُفْتُحِيْ       ج. اِفْتَحِيْ
    1 

    Lihat komentar

    1. Jadi tambah ilmu n materi buat mengajar.. شكرا
      Balas



  4. المفردات
    Hapalkan mufradat berikut ini!

    رقم
    المفردات
    معناها
    1
    وقت ج اوقات
    Waktu
    2
    زمان ج ازمنة
    Zaman
    3
    سنة ج سنون
    Tahun
    4
    شهر ج اشهار
    Bulan
    5
    اسبوع ج اسابيع
    Minggu
    6
    يوم ج ايّام
    Hari
    7
    تاريخ ج تواريخ
    Tanggal
    8
    ساعة ج ساعات
    Jam
    9
    دقيقة ج دقائق
    Menit
    10
    نصف ج انصاف
    Setengah
    11
    ربع ج ارباع
    Seperempat
    12
    و
    Lebih dari
    13
    الاّ
    Kurang dari
    14
    متى ؟
    Kapan?
    15
    كم السّاعة ؟
    Jam berapa?
    16
    ساعة الجدار
    Jam dinding
    17
    ساعة اليد
    Jam tangan
    18
    ساعة المكتب
    Jam beker
    19
    امس
    Kemarin
    20
    غدا
    Besok












    التّدريب 1     : ضع في مكان الفراغ معنى المفردات التّالية !
    Latihan 1         : Tuliskan arti kata berikut pada kolom yang tersedia!

    رقم
    المفردات
    معناها
    Kunci Huruf
    1
    وقت ج اوقات
    .....................
    W
    2
    زمان ج ازمنة
    .....................
    Z
    3
    سنة ج سنون
    .....................
    Th
    4
    شهر ج اشهار
    .....................
    B
    5
    اسبوع ج اسابيع
    .....................
    M
    6
    يوم ج ايّام
    .....................
    H
    7
    تاريخ ج تواريخ
    .....................
    Tg
    8
    ساعة ج ساعات
    .....................
    J
    9
    دقيقة ج دقائق
    .....................
    M
    10
    نصف ج انصاف
    .....................
    S
    11
    ربع ج ارباع
    .....................
    Sp
    12
    و
    .....................
    Ld
    13
    الاّ
    .....................
    Kd
    14
    متى ؟
    .....................
    K
    15
    كم السّاعة ؟
    .....................
    Jb
    16
    ساعة الجدار
    .....................
    Jd
    17
    ساعة اليد
    .....................
    Jt
    18
    ساعة المكتب
    .....................
    Jb
    19
    امس
    .....................
    K
    20
    غدا
    .....................
    B











    الاستماع        سيقرأ استاذك القصة الآتية. اسمع قرائته جيدا !
    Gurumu akan membacakan cerita berikut ini. Dengarkan baik-baik!

    اسمي سليمان. يا اخواني، انظر السّاعة. السّاعة تشير الوقت.
    السّاعة ضرورية في حياة النّاس. نحن نعرف وقت الصّلاة والإستراحة
    والعمل بهذه السّاعة.
    Namaku Sulaiman. Hai saudara-saudaraku, lihatlah jam. Jam itu menunjukkan waktu.
    Jam itu penting dalam kehidupan manusia. Kita mengenal waktu shalat dan istirahat
    dan bekerja dengan jam ini.

    في اليوم اربع وعشرون ساعة. في الساعة ستّون دقيقة. اذهب الى المدرسة
    فى السّاعة السّادسة والنّصف صباحا. ارجع من المدرسة في السّاعة الواحدة تماما.
    Dalam sehari semalam ada 24 jam. Dalam sejam ada 60 menit. Saya pergi ke sekolah
    pada jam 6.30 pagi. Saya pulang dari sekolah pada jam 1 tepat.

    يا إخواني، هو ابي. اسمه سالم. هو مدرّس في المدرسة المتوسّطة الإسلاميّة.
    هو يعمل في المدرسة منذ السّاعة السّابعة صباحا حتى السّاعة الثّانية نهارا.
    Hai saudara-saudaraku, ini ayah saya. Namanya Salim. Dia guru di MTs.
    Dia bekerja di sekolah sejak jam 7 pagi sampai jam 2 siang.

    التّدريب 2     : اجب عن الاسئلة التّالية !
    Latihan 2         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.   مَاذَا تُشِيْرُ اْلسَّاعَةُ ؟ اَلسَّاعَةُ تُشِيْرُ .....................
    2.   هَل السَّاعَةُ ضَرُوْرِيَّةٌ فِيْ حَيَاةِ النَّاسِ ؟ ..................... اَلسَّاعَةُ ضَرُوْرِيَّةٌ فِيْ حَيَاةِ النَّاسِ.
    3.   كَمْ سَاعَةً فِي اْليَوْمِ ؟ فِي اْليَوْمِ .......................................... سَاعَةً.
    4.   كَم السَّاعَةُ يَرْجِعُ سُلَيْمَانُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ ؟ يَرْجِعُ سُلَيْمَانُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ..................
    5.   فِيْ أيِّ السَّاعَةِ يَعْمَلُ سَالِمٌ ؟ يَعْمَلُ سَالِمٌ فِي السَّاعَةِ.....................











    التّركيب

    1
    السّاعة الواحدة
    Pukul 1.00
    2
    السّاعة الثّانية
    Pukul 2.00
    3
    السّاعة الثّالثة
    Pukul 3.00
    4
    السّاعة الرّابعة
    Pukul 4.00
    5
    السّاعة الخامسة
    Pukul 5.00
    6
    السّاعة السّادسة
    Pukul 6.00
    7
    السّاعة السّابعة
    Pukul 7.00
    8
    السّاعة الثّامنة
    Pukul 8.00
    9
    السّاعة التّاسعة
    Pukul 9.00
    10
    السّاعة العاشرة
    Pukul 10.00
    11
    السّاعة الحاديةَ عشْرةَ
    Pukul 11.00
    12
    السّاعة الثّانيةَ عشْرةَ
    Pukul 12.00

    Untuk menegaskan waktu pada angka yang tepat, digunakan kata تَمَامًاContohnya adalah:
    اَلسَّاعَةُ اْلعَاشِرَةِ تَمَامًا (pukul 10.00 tepat).
    Untuk menyatakan lebih, menggunakan wa (وَ), sedangkan untuk menyatakan kurang menggunakan illa (اِلاَّ).Contohnya adalah sebagai berikut:
    1
    Pukul 1.15
    السّاعة الواحدة  و  الرّبعُ
    2
    Pukul 1.20
    السّاعة الواحدة  و  عشرونَ دقيقة
    3
    Pukul 1.30
    السّاعة الواحدة  و  النّصفُ
    4
    Pukul 12.45 (jam 1 kurang seperempat)
    السّاعة الواحدة  الاّ  الرّبعَ
    5
    Pukul 12.50 (jam 1 kurang 10 menit)
    السّاعة الواحدة  الاّ  عشرَ دقائق
    6
    Pukul 12.40 (jam 1 kurang 20 menit)
    السّاعة الواحدة  الاّ  عِشرينَ دقيقة

    Keterangan waktu seperti صَبَاحًا (pagi hari), نَهَارًا (siang hari),  مَسَاءً(sore hari), danلَيْلاً  (malam hari) biasanya menegaskan waktu yang dimaksud. Contohnya adalah sebagai berikut:
    1
    Pukul tujuh pagi
    السّاعة السّابعة صباحا
    2
    Pukul satu siang
    السّاعة الواحدة نهارا
    3
    Pukul tiga sore
    السّاعة الثالثة مساء
    4
    Pukul sembilan malam
    السّاعة التّاسعة ليلا





    التّدريب 3     : اكتب عددا ممّا يأتي كما في المثال !
    Latihan 3         : Tuliskan bilangan dari angka-angka berikut ini seperti contoh!

    المثال :       2 =       السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ
                2.15 =       السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ وَالرُّبْعَ
    السّاعة ............. و.............................
    3.15
    11
    السّاعة .............
    3
    1
    السّاعة ............. و.............................
    4.15
    12
    السّاعة .............
    4
    2
    السّاعة ............. و.............................
    5.20
    13
    السّاعة .............
    5
    3
    السّاعة ............. و.............................
    6.30
    14
    السّاعة .............
    6
    4
    السّاعة ............. و.............................
    7.30
    15
    السّاعة .............
    7
    5
    السّاعة ............. الاّ.............................
    7.45
    16
    السّاعة .............
    8
    6
    السّاعة ............. الاّ.............................
    8.45
    17
    السّاعة .............
    9
    7
    السّاعة ............. الاّ.............................
    9.50
    18
    السّاعة .............
    10
    8
    السّاعة ............. الاّ.............................
    10.50
    19
    السّاعة .............
    11
    9
    السّاعة ............. الاّ.............................
    11.40
    20
    السّاعة .............
    11.40
    10

    التدريب 4     :
    Latihan 4

    السّاعة .....................
    3. 00 sore
    11
    السّاعة .....................
    4.00 pagi
    1
    السّاعة .....................
    4.00 sore
    12
    السّاعة .....................
    5.00 pagi
    2
    السّاعة .....................
    5.00 sore
    13
    السّاعة .....................
    6.00 pagi
    3
    السّاعة .....................
    6.00 sore
    14
    السّاعة .....................
    7.00 pagi
    4
    السّاعة .....................
    7.00 malam
    15
    السّاعة .....................
    8.00 pagi
    5
    السّاعة .....................
    8.00 malam
    16
    السّاعة .....................
    9.00 pagi
    6
    السّاعة .....................
    9.00 malam
    17
    السّاعة .....................
    10.00 pagi
    7
    السّاعة .....................
    10.00 malam
    18
    السّاعة .....................
    12.00 siang
    8
    السّاعة .....................
    11.00 malam
    19
    السّاعة .....................
    1.00 siang
    9
    السّاعة .....................
    12.00 malam
    20
    السّاعة .....................
    2.00 siang
    10






    المحادثة

    تحدّث منير وحمدان عن السّاعة. إقرأ هذه المحادثة واطبقها مع صديقك !
    Munir dan Hamdan bercakap-cakap tentang jam. Bacalah percakapan tersebut dan praktikkan dengan temanmu!
    منير        : اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ   وَرَحْمَةُ اللهِ   وَبَرَكَاتُهْ
    Munir       : Assalamu’alaikum Wr. Wb
    حمدان      : وَعَلَيْكُمُ السَّلَام  وَرَحْمَةُ اللهِ   وَبَرَكَاتُهْ
    Hamdan   : Wa’alaikumus salam Wr. Wb
    منير        : يا حمدان، انظر الى السّاعة الجدار. كم السّاعة ؟
    Munir       : Hai Hamdan, lihatlah ke jam dinding. Pukul berapa?
    حمدان      : السّاعة الآن العاشرة
    Hamdan   : Sekarang pukul 10
    منير        : في ايّ السّاعة ترجع من المدرسة ؟
    Munir       : Pada pukul berapa engkau pulang dari sekolah?
    حمدان      : ارجع من المدرسة في السّاعة الواحدة نهارا
    Hamdan   : Saya pulang dari sekolah pada pukul satu siang
    منير        : هل لا ترجع في السّاعة الواحدة والنّصف ؟
    Munir       : Apakah engkau tidak pulang pada pukul 1.30?
    حمدان      : لا ارجع في ذلك الوقت لانّ الدرس قد انتهى  في السّاعة الواحدة تماما
    Hamdan   : Saya tidak pulang pada waktu itu, karena belajar sudah selesai pada pukul satu        tepat
    منير        : يا حمدان، كم ساعة في اليوم ؟
    Munir       : Hai Hamdan, berapa jam dalam sehari?
    حمدان      : في اليوم اربع وعشرون ساعة
    Hamdan   : Dalam sehari ada 24 jam
    منير        : هل عندك ساعة اليد ؟
    Munir       : Apakah engkau mempunyai jam tangan?
    حمدان      : نعم، عندي ساعة اليد. ماركتها ألبا (alba)
    Hamdan   : Ya, saya mempunyai jam tangan. Mereknya Alba
    منير        : متى جاء وقت الظّهر ؟
    Munir       : Kapan tida waktu Zuhur?
    حمدان      : جاء وقت الظّهر في السّاعة الثّانية عشرة والنّصف
    Hamdan   : Tiba waktu Zuhur pada pukul 12.30
    منير        : اذن، جاء وقت الظّهر. هيّا نذهب الى المسجد !
    Munir       : Baiklah, telah tiba waktu Zuhur. Mari kita pergi ke masjid!

    التدريب 5       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 5

    1.     هَلْ يَسْأَلُ مُنِيْرٌ لِحَمْدَانَ عَنِ السَّاعَةِ ؟........... يَسْأَلُ مُنِيْرٌ لِحَمْدَانَ عَنِ السَّاعَةِ.
    2.     فِيْ اَيِّ السَّاعةِ يَرْجِعُ حَمْدَانَ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ ؟ يَرْجِعُ حَمْدَانَ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ...........
    3.     هل عِنْدَ حَمْدَانَ سَاعَةُ اْليَدِ ؟ ........... عِنْدَ حَمْدَانَ سَاعَةُ اْليَدِ.
    4.     مَتَى جَاءَ وَقْتُ الظُّهْرِ ؟ جَاءَ وَقْتُ الظُّهْرِ فِي السَّاعَةِ...........
    5.     هَلْ يَذْهَبَانِ مُنِيْرٌ وَ حَمْدَانَ اِلَى اْلمَسْجِدِ ؟ ........... يَذْهَبَانِ مُنِيْرٌ وَ حَمْدَانَ اِلَى اْلمَسْجِدِ.

    القراءة           : اقرأ القراءة التالية جيدا !
    Membaca        : Bacalah qira’ah berikut baik-baik!

    نحن نعلم انّ السّنة تتكوّن على اثنا عشر شهرا، يعني : يَنَايِرُ (Januari وفَبْرَايِرُ (Pebruari
    ومَارِسُ (Maret وأَبْرِيْلُ (April ومَايُوْ (Mei ويُوْنِيُ (Juni ويُوْلِيُ (Juli
    وأَغُسْطُسْ (Agustus وسِبْتَمْبِرْ (September وأقْتُوْبِرُ (Oktober ونُوْفِمْبِرُ (Nopember
    ودِيْسَمْبِرُ (Desember). الشّهر يتكوّن على ثلاثين او واحد وثلاثين يوما، واربعة او خمسة اسابيع.
    فى الاسبوع سبعة ايّام، يعني : الاحد والاثنين والثّلثاء والاربعاء والخميس والجمعة والسّبت.
    Kita mengetahui bahwa tahun itu terdiri atas 12 bulan, yaitu : Januari, Pebruari,
    Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, Nopember,
    dan Desember. Bulan itu terdiri atas 30 atau 31 hari, dan 4 atau 5 minggu.
    Dalam seminggu 7 hari, yaitu Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, dan Sabtu.

    ماذا تعمل في ايّامك ؟ في يوم الاثنين الى يوم السّبت نحن ندرس فى المدرسة.
    والاحد يوم العطلة، فى ذلك اليوم لا نذهب الى المدرسة.
     نحن نقضي وقتنا مع عائلة فى البيت.
    Apa yang engkau kerjakan pada hari-harimu? Pada hari Senin sampai hari Sabtu kami belajar di sekolah.
    Dan hari Ahad adalah hari libur, pada hari itu kami tidak pergi ke sekolah.
    Kami menghabiskan waktu bersama keluarga kami di rumah.

    فى اليوم اربع وعشرون ساعة. نحن نقوم بالصلاة خمس مرّات فى اليوم.
    يا إخواني ! متى تقومون من النّوم، ومتى تذهبون الى المدرسة ؟
    Dalam sehari ada 24 jam. Kami mendirikan shalat 5 kali dalam sehari.
    Hai saudara-saudaraku! Kapan kalian bangun dari tidur, dan kapan kalian pergi ke sekolah?

    التدريب 6       : اجب عن الاسئلة الآتية !
    Latihan 6         : Jawablah pertanyaan berikut ini!

    1.     كَمْ شَهْرًا فِى السَّنَةِ ؟ فِي السَّنَةِ..........................................شَهْرًا
    2.     كَمْ يَوْمًا فِى الشَّهْرِ ؟ فِى الشَّهْرِ......................................... يَوْمًا
    3.     اُذْكُرْ اَسْمَاءَ اْلاَيَّامِ فِى اْلاُسْبُوْعِ ؟ يعنى.....................
    4.     اَيُّ اْليَوْمِ يَوْمِ اْلعُطْلَةِ ؟ يَوْمِ اْلعُطْلَةِ يَوْمُ.....................
    5.     كَمْ وَقْتًا نَقُوْمُ بِالصَّلاَةِ فِى اْليَوْمِ ؟ نَقُوْمُ بِالصَّلاَةِ فِى اْليَوْمِ .....................


    التدريب 7       : ضع على الجملة الآتية حركات مناسبة !
    Latihan 7         : Berilah harakat yang sesuai pada kalimat-kalimat berikut ini!

    1.     الساعة تشير الوقت
    2.     اذهب الى المدرسة فى الساعة السادسة والنصف صباحا
    3.     في اليوم اربع وعشرون ساعة
    4.     جاء وقت الظهر في الساعة الثانية عشرة والنصف
    5.     نحن نقوم بالصلاة خمس مرات فى اليوم

    التدريب 8       : ترجم الجملة الآتية الى اللغة الإندونيسية !
    Latihan 8         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Indonesia!

    1. السَّاعَةُ اْلآنَ السَّابِعَةُ وَالرُّبْعُ.
    2. السَّاعَةُ اْلآنَ اْلخَامِسَةُ وَالنِّصْفُ.
    3. اَقْرَأُ اْلكِتَابَ فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ اِلاّ النِّصْفَ.
    4. اَشْتَرِي سَاعَةَ اْلمَكْتَبِ فِى السُّوْقِ.
    5. سَنَقْرَأُ كِتَابَ اللُّغَةِ اْلعَرَبِيَّةِ غَدًا   

    التدريب 9       : ترجم الجملة الآتية الى اللّغة العربيّة !
    Latihan 9         : Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Arab!

    1.      Dalam sehari semalam ada 24 jam
    2.      Jam itu penting dalam kehidupan manusia.
    3.      Saya pergi ke sekolah pada jam 6.30 pagi
    4.      Saya pulang dari sekolah pada jam 1 siang
    5.     Apakah engkau mempunyai jam tangan?
    التدّريب 10    : اكمل الجمل الآتية بالكلمة المناسبة !
    Latihan 10       : Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang sesuai!

    1.     كَمْ . . . اْلآنَ ؟ السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ لَيْلًا.
    أ‌.        السَّاعَةُ      ب. الآنَ                   ج. الثَّالِثَةُ
    2.     نُصَلِّى الظُّهْرَ فِي السَّاعَةِ  . . . نَهَارًا.
    أ‌.        السَّابِعَةِ     ب. السَّادِسَةِ     ج. اْلوَاحِدَةِ
    3.     نُصَلِّى . . . فِي السَّاعَةِ اْلخَامِسَةِ وَالنِّصْفِ صَبَاحًا.
    أ‌.        الصُّبْحَ      ب. الظُّهْرَ       ج. العِشَاءَ
    4.     نُصَلِّى اْلعِشَاءَ فِي السَّاعَةِ الثَّامِنَةِ . . .
    أ‌.        صَبَاحًا      ب. نَهَارًا        ج. لَيْلاً
    5.     . . . تَلْعَبُ فِي اْلمَلْعَبِ ؟
    أ‌.        كَمْ           ب. مَتَى                   ج. هَلْ
    0 

    Tambahkan komentar




  5. نَجْتَمِعُ اْليَوْمَ    فِي هَذَا اْلمَكَانِ اْلمُبَارَكِ ،    فِي حَفْلَةِ التَّخَرُّجِ    وَاْلفِرَاقِ
    لِلصَّفّ السَّادِ سِ ،    مِنَ اْلمَدْرَسَةِ الإِبْتِدَائِيَّه    تَرْبِيَةُ اْلإِسْلَامِيَّة ،    وَاَتَكَلَّمُ  اَمَامَكُمْ  جَمِيْعًا ،
    نَائِبًا مِنَ اْلإِخْوَانِ اْلمُتَخَرّجِيْنَ   مِنَ الصَّفّ السَّادِ سِ.

    نَشْعُرُ بِشِدَّةِ اْلفَرَحِ ،    وَالشًّكْرُ لِلهِ    عَلى نِعْمَةِ التَّخَرُّجِ ،     حَتَّى نَسْتَطِيْعُ
    اَنْ نَوَاصَلَ الدّرَاسَةً     إِلَى اْلمُسْتَوَيَاتِ اْلعُلْيَا.

    وَنَقُوْلُ   شُكْرًا جَزِيْلًا    إِلَى مُدَبّر اَلْمَدْرَسَةِ ،    وَإِلَى جَمِيْعِ اْلاَسَاتِيْذ   وَاْلاَسَاتِذَه ،
    اَلَّذِيْنَ قَدْ رَبَّوْنَا    مِنْ حِيْنَ نَجْلِسُ    فِى الصَّفّ اْلأَوَّل ،     حَتَّى تَخَرّجْنَا اْلآنِ    
    مِنْ هَذِهِ اْلمَدْرَسَه.       اَلْحَسَنَات    اَلَّتِي  قَدْ عَلِمْتُمْ    لَا نَنْسَاهَا اَبَدًا.

    وَنَلْتَمِسُ اَلسَّمَاحَة    وَاْلعَفْوَ عَلَى جَمِيْعِ اْلخَطَايَا ،  عِنْدَ دِرَاسَتِنَا   فِي هَذِهِ اْلمَدْرَسَه.
    فَنَرْجُوْا   إِلَى جَمِيْعِ اْلاَسَاتِيْذ وَاْلاَسَاتِذَه    اَلرّضَا   عَنَّا.

    وَإِلَى جَمِيْعِ الطُّلَّاب ،     مِنَ الصَّفّ اْلاَوَّل    إِلَى الصَّفّ اْلخَامِسْ ،  فَنَنْصَحُ لَكُمْ :
    " اَنْ تَجْتَهِدُوْا    وَكُوْنُوْا طُلَّابًا مُطِيْعِيْن     لِجَمِيْعِ  اْلاَسَاتِيْذ    وَاْلاَسَاتِذَه ،
    وَلَازِمُوْا    فَتَنْجَحُوْا   كَمَا نَجَحْنَا اْلآن."

    رُبَّمَا   حَتَّى هُنَا كَلَامِىْ ،   إِذَا وَجَد تُّمْ   اَلزَّلَلَ وَاْلخَطَاء ،   فَنَطْلُبُ     اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ. وَاَشْكُرَكُمْ عَلَى حُسْنِ اِهْتِمَامِكُمْ.             آخِرُ اْلكَلَام....
    ثُمَّ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
    0 

    Tambahkan komentar

Memuat
Template Dynamic Views. Diberdayakan oleh Blogger.

No comments:

Post a Comment

Menjawab 10 pertanyaan

  Oleh: Idham Okalaksana Putra               Ada beberapa pertanyaan dari seroang teman yang menceritakan pengalamanya berbincang deng...